Jumat, 30 Oktober 2015

Mobil merupakan transportasi yang nyaman untuk digunakan. Hal yang penting ketika memiliki kendaraan adalah merawatnya, menjaga kendaraan untuk selalu dalam kondisi prima agar awet dan tahan lama sehingga memberikan kenyamanan ketika berkendara.

Merawat mobil harus dilakukan secara berkala sesuai dengan yang tertera pada buku panduan pemilik yang biasanya diberikan ketika membeli mobil baru, maka performa mobil akan maksimal dan komponen mobil akan lebih panjang usia pakainya. Kerusakan komponen atau tidak berfungsinya sistem pada kendaraan merupakan salah satu akibat dari kurangnya perawatan kendaraan. Tidak jarang akibat kelalaian itu dapat menyebabkan kasus seperti rem blong, bahan bakar boros, ban aus secara tidak wajar, engine over haul (turun mesin), dan lain – lain. Daripada menunggu mobil rusak lebih baik melakukan perawatan mobil sejak dini sesuai dengan istilah sedia payung sebelum hujan. Tentunya Anda tidak menginginkan mobil Anda harus sering keluar masuk bengkel bukan? Terlebih lagi mobil itu kesayangan Anda.

Tips merawat mobil agar tetap awet

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat mobil Anda agar tetap awet dan nyaman ketika dipakai.
  • Merawat eksterior kendaraan
Membersihkan ekterior atau cat mobil secara berkala. Mobil yang berdebu tentu akan mengurangi kenyamanan saat berkendara dan tentunya sangat tidak sedap dipandang mata. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada body mobil setiap hari atau setidaknya 2 (dua) hari sekali dengan mencuci mobil dengan lap dan sabun khusus atau jika mobil tidak terlalu kotor Anda cukup mengelapnya dengan busa atau kain yang tebuat dari microfiber agar tidak menggores permukaan cat mobil. Saat mencuci mobil dengan tangan usahakan mesin dalam keadaan dingin untuk menghindari tangan terkena panas mesin.
  • Merawat interior atau bagian dalam mobil
Mobil yang bagian dalamnya bersih tentu akan sangat nyaman digunakan. Untuk membersihkan bagian dalam mobil dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu dan kotoran kecil yang menempel di karpet dan kursi. Kemudian mengusap sisa debu dengan kain lembut yang dibasahi dengan air hangat. Lap dengan kering dan lembut lalu biarkan mengering di tempat yang teduh.
  • Mengganti oli secara rutin
Ganti oli mobil Anda sesuai dengan prosedur yang telah diatur oleh produsen kendaraan. Usahakan melakukan penggantian oli sebelum tenggat waktu habis agar mobil tidak mudah rusak.
  • Merawat radiator
Untuk merawat radiator pastiakan untuk selalu menggunakan air yang bersih. Radiator adalah salah satu hal yang sangat penting untuk Anda periksa, terutama ketika melakukan perjalanan jauh. Periksa level cairan pendingin dalam kondisi mesin dingin dan kondisi off. Jangan membuka tutup radiator pada kondisi panas. Radiator sebaiknya tidak mengalami kekeringan ataupun penggunaan air yang kotor karena dapat menyebabkan mobil mogok di tengah jalan.
  • Eksterior baterai (AKI)
Pastikan terminal baterai tidak berkarat dan ada sambungan yang longgar, retak, bocor atau krem yang longgar. Fungsi baterai adalah memasok tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan untuk perangkat listrik. Jika baterai tidak diperiksa, maka volume elecrolyte akan menurun dan baterai tidak dapat di-charge secara cukup, kondisi baterai memburuk, pelepasan dan kapasitas pengisian menurun.pastikan cairan baterai memadai (air destilasi) antara garis UPPER LEVER dan LOWER LEVER.
  • Memeriksa minyak pelumas
Beberapa cairan dan minyak pelumas yang perlu diperiksa secara berkala dan rutin di antaranya adalah power steering,minyak rem,dan air pendingin mesin. Fungsi pelumas yaitu merawat mesin maupun komponen lainnya agar tetap prima. Untuk pemeriksaan oli transmisi dan oli gardan bisa dilakukan pada saat servis berkala di bengkel. Perhatikan spesifikasi dari coolant dan oli yang dipergunakan pada kendaraan.
  • Penggunaan bahan bakar
Setiap mobil menggunakan bahan bakar masing-masing, sesuai dengan jenis mobil itu sendiri. Penggunaan bahan bakar tidak boleh dilakukan secara asal karena dapat berpengaruh pada performa mobil itu sendiri. Bahkan penggunaan bahan bakar yang salah juga dapat merusak mesin mobil. Sesuaikan jenis bahan bakar yang seharusnya digunakan mobil Anda dan sebaiknya belilah di stasiun pengisian bahan bakar yang resmi.
  • Lakukan tune up secara berkala
Busi yang kotor dapat mempengaruhi performa mobil dan mengurangi efisiensi bahan bakar mencapai 30 persen. Oleh sebab itu, lakukanlah tune up secara berkala dan teratur agar mobil Anda tidak mudah rusak dan hemat bahan bakar.

Hal yang penting dan sebaiknya dilakukan sebelum menggunakan mobil adalah membuka semua pintu mobil untuk mengganti udara yang ada di dalam mobil dan sebaiknya jangan langsung menyalakan AC mobil.

Jika Anda memiliki mobil baru, lakukan perawatan khusus dengan tidak menggunakan mobil dalam kecepatan tinggi, sesuaikan beban ideal, dan hindari rem mendadak.

Jika perlu lakukan gurah mesin atau pembersihan kerak karbon pada ruang bakar mobil untuk mengembalikan performa mesin anda.

Semoga artikel tersebut bermanfaat. :)
Salam min-GM! :)


Referensi : dari berbagai sumber


Tagged: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top