Selasa, 10 November 2015


Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah merupakan kebutuhan hidup bagi manusia, baik untuk kebutuhan transportasi, industri, rumah tangga, pertanian, listrik, pertambangan, maupun sektor lainnya. Sepertinya, hampir di semua lini kehidupan manusia sangat bergantung pada BBM.

Darimanakah Bahan Bakar Minyak (BBM) ada?

Seperti yang kita ketahui bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk ke dalam Sumber Daya Alam yang tidak Dapat Diperbaharui  (untuk memperbaharuinya tentu memakan waktu yang cukup lama, bisa jutaan tahun lamanya). Bahan Bakar Minyak (BBM)yang digunakan sehari-hari merupakan hasil tambang yang berupa minyak mentah yang kemudian diproses dan diolah sehingga menjadi  BBM yang sering kita jumpai, seperti minyak tanah, solar, bensin/premium, pertamax, minyak bakar, avtur. Karena merupakan hasil tambang, maka BBM terbentuk dari proses alam yang berlangsung selama ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu. Inilah yang menjadikan mengapa sumber daya ini sulit untuk diperbaharui kembali.


Secara sadar atau tidak, cepat atau lambat, persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tersimpan di dalam bumi akan menipis, bahkan habis. Untuk itu, kita ditunut agar bisa menghemat penggunaan bahan bakar mulia dari sekarang. Semakin menipisnya persediaan BBM, secara otomatis mengakibatkan kenaikan harga BBM yang tentunya akan berdampak pada kenaikan harga – harga kebutuhan pokok lainnya. Bagaimana tidak? Saat kenaikan harga BBM, Maret 2015 lalu. Kenaikan tersebut kemudian disusul dengan naiknya harga bahan – bahan pokok, seperti beras, bawang, cabai, buah, sayur, dll.  Berbagai kecaman dan aksi demonstrasi pun bermunculan akibat kenaikan harga BBM ini.


Dari gambaran tersebut, tentunya kita perlu menyiasati penggunaan bahan bakar, khususnya penggunaan bahan bakar pada kendaraan (mobil dan motor). Diperlukan langkah maupun cara untuk menghemat bahan bakar yang akan penulis bahas bahas pada artikel berikutnya.

Menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan, berarti menghemat pengeluaran ‘Rupiah’ yang Anda miliki bukan?

Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat. J


Tagged: , , ,

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top