Jumat, 01 Januari 2016


Kegiatan arus balik memang sering terjadi setiap tahunnya, terutama saat lebaran dan libur akhir tahun. Untuk menghadapi arus balik, pengguna jalur darat diharapkan mempersiapkan diri sebelum menghadapi perjalanan, mulai dari kesehatan fisik maupun kondisi kendaraan. Karena dapat dipastikan ada kemacetan di sejumlah titik di jalan.

Berikut ini beberapa tips  menempuh perjalanan arus balik lebaran dan liburan.

Mempersiapkan kondisi fisik dan mental
Untuk menempuh perjalanan arus balik, sangat dibutuhkan kondisi fisik yang prima agar risiko perubahan emosi karena macet atau kelelahan bisa dihindari.

Mempersiapkan kondisi kendaraan secara maksimal
Sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan kondisi kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Apalagi bagi anda yang hendak melakukan perjalanan jauh. Pengecekan dapat anda lakukan mulai dari ban, oli, dan mesin. Pastikan tekanan angin ban cukup (tidak lebih atau kurang) untuk menghindari ban kempes/bocor saat melewati jalan yang berlubang. Perhatikan oli pada kendaraan anda cukup, alangkah baiknya jika oli mesin tidak kotor. Dan bila perlu, lakukan service di bengkel motor/mobil sebelum digunakan untuk perjalanan jauh arus balik.

Sebelum berangkat, panasi mesin kendaraan. Bagi anda yang menggunakan mobil, sebaiknya bawa ban cadangan, apabila saat perjalanan ada masalah dengan ban mobil anda.

Memasang GPS (Global Positioning System) di mobil

Sebelum berangkat, Anda bisa menyetel GPS atau Global Positioning System pada handphone dan meletakkannya di mobil. Hal ini karena GPS dapat digunakan sebagai navigasi/arah perjalanan anda. Jika terjadi kemacetan, GPS dapat membantu anda mencari jalan lain sebagai jalan alternatif menuju rumah anda.

Beristirahat setiap 4 jam sekali
Hindari mengantuk saat sedang mengemudi, untuk itu sebaiknya beristirahat setiap  4 jam sekali. Alternatif lain, persiapkan supir pengganti atau orang yang dapat mengemudi, sehingga saat anda merasa lelah dan mengantuk dia dapat mengambil alih setir kemudi kendaraan anda.

Membawa bekal makanan dan minuman
Saat kondisi jalan macet, tentu akan sangat memosankan, perut pun keroncongan. Untuk menghindari hal tersebut, bawalah beberapa makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan.

Tagged: , , , , ,

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top