Senin, 26 Oktober 2015

FEMAX Electric Saver tidak merubah tegangan dalam jaringan listrik di rumah, dan sebaliknya memperpanjang usia peralatan listrik, karena dapat membagi arus sesuai kebutuhan dan mencegah arus berlebih masuk ke dalam peralatan. Penghematan yang diperoleh dengan pemakaian FEMAX Electric Saver sekitar 10% s/d 40% tergantung peralatan yang dipakai dalam jaringan dan lamanya pemakaian. Penghematan akan berbeda-beda dalam jaringan yang berbeda-beda karena besaran Power Factor (cos phi) setiap poeralatan listrik juga berbeda. Penghematan dapat dibuktikan dengan mengukuir jumlah arus yang masuk ke dalam jaringan pada kondisi sebelum dan sesudah menggunakan FEMAX Electric Saver dengan menggunakan Tong Ampere atau Ampere Meter (ACA). Dengan kondisi beban yang sama (menggunakan beban lampu neon, lebih disarankan, karena lebih stabil, hindari lampu pijar, karena lampu pijar tidak dihemat/bukan induktif). Tong Ampere diklem pada kabel masa (warna hitam) pada kabel diantara meteran (MBC pusat dan MBC pembatas atau pembagi), atau pada kabel di atas meteran arah ke tiang listrik. Pada saat melakukan demo peralatan yang menggunakan elemen pemanas sebaiknya dimatikan sementara, karena tidak dihemat misalnya setrika pakaian, water heater, hair dryer, magic jar, dll. Nilai ampere yang berkurang menunjukkan jumlah yang masuk ke dalam jaringan berkurang sehingga mengurangi daya aktif yang sedang digunakan sesuai kebutuhan. Prosentase penghematan tidak akan bertambah dengan pemasangan ganda dalam jaringan (melebihi kapasitas listriknya), karena pemasangan unit yang berlebihan akan menyebabkan FEMAX Electric Saver bersifat kapasitif (membebani) jaringan, yang sebaliknya malah akan mengurangi persentase penghematan.

FEMAX Electric Saver tidak mengurangi kapasitas jaringan tetapi meurunkan ampere pada beban yang aktif sehingga pemakaian daya menjadi maksimal, bahkan sebaliknya kapasitas maksimal dapat dicapai dengan menggunakan kompensator daya FEMAX Electric Saver.

FEMAX Electric Saver dapat digunakan untuk jaringan listrik satu phase atau jaringan listrik tiga phase asalkan tegangannya (voltage) di bawah 250 Volt. Perhatian: Jaringan listrik tiga phase ada yang menggunakan tegangan atau voltage 380 V dan ada yang menggunakan tegangan 450 V.

FEMAX Electric Saver cocok untuk dipasang di rumah atau di ruko atau industri kecil. Pertama harus dipastikan bahwa tegangan/voltage di bawah 250 Volt. Untuk jaringan 1 9satu) phase, unit dapat dipasang pada stop kontak dimana saja dalam jaringan. Buktikan dalam Tong Ampere, hasil yang sama akan diperoleh walaupun FEMAX Electric Saver dipasang pada stop kontak mana saja dalam jaringan. Untuk jaringan 3 phase maka harus dipasang 3 unit FEMAX Electric Saver yang dipasang pada masing-masing phase (sesuai tipe yang dibutuhkan). Perhatian: Sebelum unit dipasang, perhatikan stop kontak dalam keadaan baik, stop kontak yang longgar/kendur akan menimbulkan percikan api yang akan menimbulkan panas, dapat mengakibatkan steker (colokan) terbakar dan tidak digaransi.

FEMAX Electric Saver ditrancnag sedemikian rupa dengan pertimbangan nilai fungsional dan ekonomisnya sehingga terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Cara pemasnagan unit yang pararel (bukan seri seperti stabilizer yang ada outputnya yang selalu dilalui arus yang besar terus-menerus). Tidak menyebabkan unit dilalui arus besar, kabel dan steker hanya dibebani oleh unit itu sendiri, sehingga panas yang timbul kecil sekali, maka tidak dibutuhkan pendingin untuk unit. Variable yang menyebabkan pemborosan energi listrik sangat beragam, misalnya: jaringan kabel yang sudah usang, tegangan jaringan yang tidak efisien, kondisi-kondisi dapat diperbaiki dengan pemasangan kompensator daya FEMAX Electric Saver. Untuk pembuktiannya ukur jaringan dengan Tong Ampere, sebelum dan sesudah pemakaian FEMAX Electric Saver.

FEMAX Electric Saver merupakan produk resmi (legal) dengan Uji PLN/LMK No.599.UPI.412A.2003, sesuai Surat Keputusan menteri pekerjaan Umum no.23/PRT/78 tentang instalansi jaringan listrik dan Inpres no.10 tentang penghematan energi. Bahkan PLN menyarankan untuk memasang peralatan sejenis pada setiap jaringan listrik, maka tidak diperlukan ijin khusus dari PLN, sebaliknya dengan menggunakan FEMAX Electric Saver pemakai telah membantu meringankan beban pada gandu induk PLN sehingga distribusi jaringan PLN pun menjadi efisien. Jika diteliti pada angka penunjuk pemakaian arus listrik yng tertera pada panel meter, terlihat bahwa untuk mencapai 1 Kwh dibutuhkan 900 putaran (ada yang 1250 putaran).

FEMAX Electric Saver tidak mencuri listrik, sehingga tidak mengurangi/memperlambat kecepatan meteran listrik secara drastic. Cara yang paling efektif untuk mengetahui kinerja FEMAX Electric Saver adalah menggunakan Tong Ampere, itupun hasilnya akan bervariasi tergantung penggunaan listrik. Beban pemakaian listrik pada saat pengetesan tanpa dan dengan FEMAX Electric Saver dipastikan AC pada malam hari, siang hari sewaktu anak tidur siang, dan variable cuaca juga mempengaruhi frekuensi tarikan kompresor AC (cuaca panas tarikan kompresor semakin sering), lamanya pemakaian water heater, magic jar, dan lain-lain.

FEMAX Electric Saver bekerja pada arus (ampere), sedangkan stabilizer bekerja pada besaran tegangan (volt), tetapi secara tidak langsung membantu karena fungsi FEMAX Electric Saver sebagai SOFT START dapat mengurangi kejutan/tarikan awal peralatan listrik, sehingga berdampak positif pada fluktuasi tegangan.

FEMAX Electric Saver bergaransi selama 1 (satu) tahun terhitung 12 (dua belas) bulan dari yang tertera pada security label (dibagian bawah casing). Adapaun komponen di dalam FEMAX Electric Saver mempunyai daya tahan sampai 5 tahun. Garansi diberikan selama 1 tahun, yaitu garansi kerusakan yang bukan karena kesalahan atau bencana alam (kesalahan pemakaian misalnya unit dipasang pada stop kontak yang kendur/longgar) sehingga menimbulkan percikan api, yang mengakibatkan timbulnya panas, yang menyebabkan steker/colokan terbakar.



Tagged: , , , , ,

1 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top