Sabtu, 12 Desember 2015



Jalan yang menanjak adalah salah satu tantangan bagi pengemudi mobil, apalagi bagi pengemudi pemula. Diperlukan konsentrasi tinggi dan teknik teknik mengemudi mobil yang benar. saat di daerah yang menanjak dan dalam keadaan macet biasanya pengendara kurang dapat menguasai kendaraannya sendiri. Dari yang mobilnya mundur atau raungan mesin yang keras karena pedal gas terlalu ditekan dan kopling kurang diangkat. Untuk itu perlu tahu teknik berhenti yang benar ketika berada di tanjakan. Simak ulasan berikut ini!


Bagaimana jika tiba – tiba mobil harus berhenti di tengah tanjakan?
Ketika hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan berapa teknik berhenti, berikut ini.
  • Berhenti dengan Rem Tangan
Teknik ini juga merupakan cara yang aman jika berhenti di tanjakan yang cukup tinggi dan dalam waktu yang lama.

Sumber gambar: otomotif.news.viva.co.id
Caranya:
Injak Pedal Rem Kaki dan Pedal Kopling untuk menghentikan mobil, selanjutnya amankan mobil dengan menarik/mengangkat tuas Rem Tangan dan pindahkan persneling ke gigi netral. Jika akan berjalan kembali, pindahkan persneling ke gigi 1 (satu), tekan pedal gas, lepas kopling sampai terasa mobil sedikit bergetar, dan lepas/turunkan rem tangan pelan-pelan, jika sudah berjalan bantu dengan menginjak gas lebih dalam. Maka mobil akan melaju pelan-pelan tanpa mundur sedikitpun. Jika mobil mundur, berarti pedal kopling kurang diangkat/lepas dan pedal gas kurang diinjak.

Sumber gambar : www.kiosban.com
  • Berhenti dengan Rem Kaki
Teknik ini bertujuan untuk menghentikan mobil sebentar di tanjakan yang tidak terlalu tinggi.
Caranya:
Injak pedal kopling dan pedal rem kaki untuk menghentikan mobil. Selanjutnya jika ingin berjalan kembali, lepas atau angkat  pedal kopling perlahan – lahan hingga terasa mobil sedikit bergetar (yang menandakan tenaga disalurkan ke gigi) atau jalan. Kemudian lepas rem kaki secara perlahan lalu, injak pedal gas hingga berjalan normal.
Teknik ini bagus untuk tanjakan yang kurang tinggi dan berhenti sebentar.
  • Berhenti dengan Setengah Kopling atau Kombinasi  Gas dan Kopling
Sumber gambar : otomotif.news.viva.co.id
Teknik ini digunakan jika situasi jalan mengharuskan kendaraan Anda berhenti dalam waktu yang cukup singkat pada tanjakan yang kurang tinggi.
Caranya:
Untuk menghentikan laju mobil, injak pedal kopling dan menahan pedal gas hingga mobil berhenti. Jika ingin melanjutkan kembali perjalanan, lepas atau angkat pedal kopling secara perlahan, sambil  menginjak  pedal gas.
Kekurangan dari teknik ini, dapat memboroskan bahan bakar (BBM) dan cepat merusak kanvas kopling (kanvas kopling cepat habis), namun tidak ada salahnya jika ingin digunakan.

Meskipun terdapat 3 teknik berhenti di jalan menanjak, namun Admin menyarankan untuk menggunakan teknik berhenti dengan REM TANGAN. Teknik ini adalah teknik paling aman dan akan membuat kanvas kopling mobil Anda awet (tidak cepat habis).

Sumber : penghematbbmterbaru.com


Tagged: , , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top