Sabtu, 05 Desember 2015

Setelah membaca artikel cara cek kondisi mesin dari melihat warna busi. Mari simak ulasan mengenai ‘cara cek busi fungsi atau tidak’ berikut ini.

Melakukan perawatan rutin tentu diperlukan untuk memperpanjang usia motor. Jangan sampai menunggu motor rusak, terlebih menunggu motor mogok di jalan untuk melakukan servie ke bengkel, justru akan sangat merepotkan bukan?


Selain perawatan rutin, cara mengetahui kondisi motor dalam keadaan sehat atau tidak, yaitu busi. Seperti yang telah diulas pada artikel sebelumnya baca di sini.

Walaupun kecil, kalau rusak dijamin motor tidak akan nyala. Fungsi utama busi adalah memantik api di dalam ruang pembakaran motor yang berbeda silinder head. Untuk bisa jalan, campuran bensin dan udara akan dibakar oleh busi.

Bagaimana cara mengecek busi yang berfungsi atau tidak?

Jika Anda menggunakan motor tipe bebek atau sport, bisa langsung mencopot busi yang berada di sebelah kanan silinder head. Yang repot kalau Anda menggunakan motor matik. Anda harus lepas bodi terlebih dahulu, sebab blok silindernya tertutup bodi motor. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kunci busi yang sudah disediakan di toolkit.

Cara Mencopot dan Memasang Busi pada Motor Bebek
Pertama, cabut kop kabel busi. Putar berlawanan arah jarum jam untuk melepasnya. Kalau sudah terbuka, cek kondisi elektroda busi alias ujung busi yang tertanam ke dalam ruang pembakaran. Busi yang sudah terlepas dari ruang bakar, dipasang lagi ke kop kabel businya. Lalu, tempelkan elektroda busi ke bagian yang terbuat dari besi di motor.

Bisa di footstep atau rangka. Setelah itu, selah motor dengan kick starter. Agar lebih mudah melakukan pengecekan, sebaiknya minta tolong teman untuk jadi orang yang memegang busi atau menendang kick starter (salah satunya), sedangkan Anda melakukan yang sebaliknya.

Untuk Anda yang ingin memeriksa busi nyala atau tidak dengan cara ini, usahakan menggunakan sarung tangan agar tidak kesetrum. Sebab, saat di-kick starter, busi akan memancarkan kilat listrik. Busi terbilang sehat jika kilatnya berwarna kebiruan. Jika api kilatnya terlihat kecil dan tidak bertenaga, tandanya busi sudah mulai lemah. Kalau tidak ada kilat api, itu artinya busi sudah rusak dan harus segera diganti.

Itulah cara sederhana untuk mengecek kondisi busi motor Anda.

Sedangkan perawatan untuk menjaga kondisi busi motor Anda agar tetap sehat dan awet, sebaiknya lakukan service pembersihan karbon pada ruang bakar mesin (lubang busi) motor Anda yang berfungsi untuk membersihkan karbon pada ruang bakar mesin tersebut.

Gurah Mesin Motor
Lakukan ‘GURAH MESIN’ pada motor Anda. Anda sudah dapat melakukan GURAH MESIN saat speedometer menunjukan angka ≥25.000 km atau ± 1 (satu) tahun pemakaian kendaraan. Dapat digunakan untuk motor, juga kendaraan lain seperti : mobil, truk, atau mesin diesel. Setelah melakukan ‘GURAH MESIN’ performa motor Anda akan kembali seperti baru, juga bisa mengembalikan power dan torsi mesin. Jadi, bisa mengurangi biaya perawatan Motor Anda.

Gambaran Proses Gurah Mesin
Gurah Mesin Mobil


Informasi dan pemesanan :
WA/C/SMS: 0811-295-762 - 0818-214-011 -0822-4233-9765
PIN : 26A63418

Konsultasi 24 jam GRATIS

Semoga artikel tersebut bermanfaat.
Salam min-GM!

Referensi :dari berbagai sumber

Tagged: , , , , ,

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top