Kamis, 10 Desember 2015


Sumber gambar : www.klinikotomotif.com
Jika perwatan AC dalam kendaraan/mobil benar, usia dari sistem pendingin udara (AC) ini cukup panjang lho. Kompresor AC dikembangkan mampu bertahan hingga 10 tahun. Sebaliknya, jika pemakaian yang asal – asalan, terlebih jarang bahkan tak pernah melakukan perawatan dan servis AC menyebabkan usia pakai suku cadang hanya bertahan 2 hingga 3 tahun saja. Kalau sudah seperti ini, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengganti AC mobil Anda.

Simak beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengemudi kendaraan terhadap AC.
  • Membiarkan kaca jendela tebuka terlalu lama saat AC sedang bekerja
Saat AC sedang berfungsi, kaca jendela terbuka cukup lama. Ini akan memberatkan kerja kompresor yang terus bekerja karena suhu di dalam kabin tidak mencapai temperatur ideal.
  • Merokok di dalam kendaraan/mobil
Bagaimana AC kendaraan tidak cepat rusak? Jika mempunyai kebiasaan membiarkan kaca mobil terbuka cukup lama ketika AC sedang bekerja dan diperparah dengan membarenginya dengan merokok di dalam kendaraan.

Sumber gambar : www.pubinfo.id
Selain kompresor bekerja keras, evaporator dan filter kabin cepat kotor. Filter kabin yang seharusnya bertahan hingga 3 (tiga) bulan, akibat kebiasaan buruk inilah yang menjadikan evaporator bertahan hanya 1 (satu) bulan saja.
  • Menggunakan pewangi kendaraan berbentuk gel
Sebenarnya penyervis AC tidak menyarankan cairan pewangi dalam kendaraan/mobil, hal ini karena sifat pewangi, terlebih berbentuk gel yang dapat menguap. Uap ini nantinya akan mengendap di evaporator sehingga menyebabkan AC kurang dingin.
Disarankan, memakai pewangi go green/ramah lingkungan, seperti daun pandan atau bubuk kopi.
  • Meningggalkan bungkus makanan di dalam mobil
Jangan meninggalkan bungkus makanan atau sisa makanan berserakan di kabin sehingga menimbulkan bau tak sedap. Sebaiknya selalu jaga kebersihan kabin kendaraan Anda dari debu dan remah makanan atau minuman yang meninggalkan bau tak sedap.
Sistem kerja AC adalah memutar udara di kabin, masuk ke filter, lalu dihembuskan kembali. Jika kabin kotor, kotoran akan tersedot dan membuat filter AC cepat kotor.

Tips :

Beri udara dalam kabin agar bersirkulasi dengan udara luar. Sesekali, fungsikan AC sambil membuka kaca jendela antara 10 – 15 menit.
Lakukan cara tersebut 2 (dua) minggu sekali. Langkah ini, untuk mengurangi risiko terhadap penyakit saluran pernafasan.
  • Mematikan mesin dalam kondisi AC masih hidup/bekerja
Kerap dijumpai, pengemudi mematikan mesin dalam kondisi AC masih hidup. Akibatnya, saat kunci kontak diputar ke "ON", maka AC langsung bekerja.
Perlakukan salah seperti ini jangan diulang-ulang karena saat starter beban listrik lebih besar untuk menghidupkan mesin. Selain dapat merusak aki, saat starter, arus listrik yang masuk pun tidak stabil. Sehingga bisa merusak sistem kelistrikan AC.

Kebiasaan – kebiasaan tersebut sering kita jumpai bahkan pernah Anda lakukan bukan? Nah, setelah mengetahui kebiasaan – kebiasaan tersebut dapat merusak AC kendaraan/mobil Anda tentu Anda akan berusaha menghindarinya bukan? Bagaimana tidak, apakah Anda menginginkan AC kendaraan Anda terlebih mobil kesayangan Anda cepat rusak? Tentu tidak bukan. Mulai sekarang perlakukan AC mobil Anda dengan baik dengan melakukan perawatan dan servis berkala secara rutin, juga menghindari kebiasaan – kebiasaan buruk tersebut di atas.

Semoga artikel tersebut bermanfaat.
Salam min-GM! J

Referensi dari berbagai sumber

Tagged: , , , ,

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik. Kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Back to top